Senin, 09 Mei 2016

Cara Mengatasi Laptop Lambat pada Windows 8 dan Penyebabnya

Windows 8 sekarang ini sudah banyak digunakan oleh pra pengguna komputer, terutama para pengguna laptop ataupun komputer jinjing. Perbaikan dari pihak Microsoft mengenai seri terbaru dari windows 8 membuat windows ini tambah digemari. Windows 8 mempunyai bentuk tampilan yang sangat luar biasa bagus dan memudahkan penggunanya. Tapi, pernahkah Anda ketika menggunakan komputer atau laptop dengan menggunakan windows 8 merasa lemot dan loadingnya lama? Jika Anda mengalami masalah ini, Anda perlu tahu bagaimana cara mengatasi laptop lemot pada windows8.
ASUS Zenbook Prime UX31A TouchASUS Zenbook Prime UX31A TouchUntuk mengatasi lemot pada windows 8, Anda perlu mengidentifikasikan kenapa komputer Anda yang sudah diinstall windows 8 menjadi lebih lemot. Setelah Anda bisa mengidentifikasikannya, Anda bisa memperbaiki kesalahan atau masalah tersebut. Berikut beberapa penyebab lemot dan cara mengatasinya pada windows 8.
  1. Terlalu banyak cache atau sampah
Kebanyakan masalah yang muncul karena cache pada komputer terlalu banyak sehingga akan membuat lemot kerja komputer atau laptop. Laptop yang sering digunakan tentunya sampah atau cache dalam komputer juga semakin banyak karena sering menghapus, terlebih jika digunakan untuk browsing cache atau sampah yang ada pasti sangat banyak. Ketika laptop Anda yang terinstall windows 8 mengalami masalah dalam hal kecepatan, cek terlebih dahulu recycle binnya apakah penuh atau tidak. Jika penuh segera saja bersihkan. Untuk membersihkannya bisa secara manual ataupun dengan program pembersih cache. Disarankan untuk menggunakan program pembersih cache agar lebih cepat dan mudah. Jika cache atau sampah sudah dikosongkan, kerja dari windows 8 Anda akan lancar kembali.
  1. Terlalu banyak aplikasi
Jika cache sudah dibersihkan tapi tetap saja kerja windows 8 pada laptop Anda lemot, Anda perlu curiga dengan aplikasi yang ada pada laptop. Lemot pada windows 8 bisa terjadi karena terlalu banyak aplikasi yang terinstall. Seringkali Anda tidak sadar banyak menginstall aplikasi yang sebenarnya kurang penting. Aplikasi-aplikasi inilah yang mungkin menjadi penyebab dari lemotnya widows 8. Cara mengatasi laptop yang lemot pada windows 8 karena terlalu banyak aplikasi yaitu uninstall aplikasi program-program yang sekiranya tidak dibutuhkan atau tidak terlalu penting. Terlalu banyak aplikasi bukan malah mempermudah hanya akan memperlambat kera dari windows 8, apalagi jika kapasitas memori dan RAM yang disediakan terbatas.
  1. Spesifikasi yang kurang mumpuni
Cache sudah bersih, aplikasi dalam komputer atau laptop tidak terlalu banyak tapi kenapa masih saja kerjanya lemot? Anda pasti kesal jika aplikasi sudah dikurangi cache sudah dibersihkan tapi tetap saja lemot. Salah satu penyebabnya bisa jadi spesifikasi laptop Anda kurang untuk dilakukan instalasi windows 8. Cara mengatasi laptop lemot pada windows 8 yang diakibatkan oleh hal ini adalah dengan menambah kapasitas RAM pa laptop. Tidak semua laptop mempunyai RAM yang cukup untuk instal windows 8,minimal RAM untuk install windows 8 adalah 2 GB. Jika kurang dari itu, siap-siap saja untuk mengalami hal berupa lemot.
  1. Salah dalam install windows
Lemot pada windows 8 bisa jadi karena dalam melakukan install windows 8 terdapat kesalahan. Kesalahan ini bisa berupa salah input ataupun kesalahan lainnya. Cara mengatasi laptop lambat pada windows 8 karena salah instal ini sebaiknya yang Anda lakukan yaitu melakukan instal ulang. Uninstall semua program windows 8 yang ada kemudian install kembali dengan menggunakan windows 8 yang benar. Anda bisa meminta tolong ahli komputer atau jika Anda mempunyai softwarenya bisa melakukan instalasi sendiri.
  1. Aplikasi pada startup terlalu banyak
Lemot pada windows 8 juga bisa terjadi karena terlalu banyak aplikasi pada start-up. Cara mengatasi laptop lemot pada windows 8 yang diakibatkan oleh hal ini sangatlah mudah, Anda haus mengurangi aplikasi ketiak sedang start-up. Pengurangan aplikasi ini akan memberikan kecepatan ekstra pada saat menggunakan windows 8.

0 komentar:

 
;